..About Bengkel..

Foto saya
Bengkel Psikologi merupakan suatu nama kegiatan dari program kerja HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa Psikologi) yang bekerja sama dengan media informasi kampus yaitu B-VOICE radio. Dalam pelaksanaan Bengkel Psikologi ini kami akan membahas berbagai fenomena dalam kehidupan masyarakat dikemas dalam sudut pandang Psikologi. Tidak lepas dari semua itu, kami berharap dapat mengenalkan Psikologi sebagai jurusan baru di Binus University dan berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menambah wawasan para mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Dengan demikian, kami mengharapkan kritik dan saran untuk kemajuan Bengkel Psikologi ini. Terima kasih. Warm regards, Montir Bengkel.

Kamis, Mei 28, 2009

Nature Of Women...

Pada taw film "CONFESSIONS OF A SHOPAHOLIC" kan?! menceritakan tentang seorang cwek yang doyan belanja dan telah menjadi kebiasaan yang tidak dapat dihilangkan, sampai pada akhirnya surat-surat tagihan dari kartu kredit nya pun berdatangan. nah lohh?? apa kalian pernah mengalami kasus seperti Becky yang mengidap penyakit doyan shopping? atau menurut kalian shopping adalah salah satu bagian dari sifat dasar wanita yang sah-sah saja? biar gak penasaran.. yuukk cari taw sifat-sifat dasar wanita tuw pa ja yaahh..


dikutip dari http://forum.wgaul.com/archive/thread/t-14038-Man-from-Mars-Woman-from-Venus.html

"kalo menurut gue sih sesama cowok ataupun sesama cewek juga berbeda kok cara pandangnya, tapi yang pasti mereka menyadari dirinya adalah manusia.." (kapten)

"gak juga. Ada sisi feminim di tiap cowok, dan ada sisi maskulin di tiap cewek. Gw malah lebih ngeliat kalo setiap orang adalah pribadi yang unik, gak cuma dikotomi mars dan venus..." (Padawan)

Ternyata sifat dasar cewek emang beda banget ma cwok, misalnya dari segi percintaan dan asmara. Karena sifatnya yang "cuek", tidak perdulian dan jarang meneteskan air mata, tak heran kalau cowok selalu menjadi "kambing hitam" atau pihak yang dibenci bila sebuah hubungan asmara terpaksa berakhir. Sebaliknya, cewek selalu nampak lebih menderita akibat putus asa.

Cewek selalu memiliki tenggang rasa dan lebih bisa menjaga hubungan. Sedangkan cowok selalu "cuek" dan main "hantam kromo". Cewek selalu memikirkan bagaimana cara membagi penghasilannya dan cowoknya untuk dia sendiri, keluarga dan teman- teman. Sedangkan cowok, tak pernah mau pusing dengan masalah duit.

cewek biasanya lebih cerewet. cewek juga sering mengeluh soal hubungan dan masalah yang sedang dihadapi. sedangkan cowok tidak begitu peduli dan menganggapnya biasa-biasa saja.cewek selalu ingin menyelesaikan masalah dan perbedaan yang da dengan tuntas. sedangkan cowok justru ingin melupakannya. begitulah dunia Venus dan Mars.

Dari segi kesehariannya dapat dilihat klo sebagian besar cowok suka mendominasi remote control TV dan gonta-ganti channel pas lagi iklan. padahal cewek gak apa-apa tuh kalo nonton iklan. klo stress cewek nyari coklat dan pergi shopping klo cowok stress yang ngerokok pasti langsung ngepul asapnya, klo nggak bisa jadi marah-marah atau diem aja.

ce say "cowok itu kurang sensitif, nggak ngasih perhatian, nggak dengerin klo kita lagi ngomong, nggak hangat, suka diem, nggak kelihatan sayangnya, nggak berani punya komitmen.

co say "cewek itu jarang yang bisa nyetir, klo baca peta suka salah, suka bingung sendiri lagi ada dimana, klo ngomong nggak bisa berhenti, udah gitu nggak ketahuan maksudnya mau ngomong apa, emangnya gw bisa baca pikiranya"

Dari segi cerita sejarah dan budaya, cowok dan cewek itu sebenarnya telah berevolusi secra fisik dtapi masih membawa kebiasaaan dari cowok-cewek jaman purba. pas jaman purba kan cowok berburu, cewek tinggal digua. cowok melindungi, cewek mengurus anak. sebagai akibatnya tubuh dan otaknya pun berkembang mengikuti kebiasaaan jaman purba ini. selama jutaan tahun, struktur otak cowok dan cewek terus berubah dengan caranya masing-masing. sampailah kita pada jaman modern ini, dimana ternyata cowok dan cewek itu bebeda dalam memproses infrormasi yang masuk ke otaknya. jalan pikirannnya memang berbeda. pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. persepsi, priorita dan tingkah lakunya juga beda.

Contoh KASUS MENTEGA DI KULKAS
cowok:"Menteganya mana ya?"
cewek:"Di dalam Kulkas"
cowok:"Nggak da tuh"-sambil celingak-celinguk ke dalem kulkas....
cewek:"Kok bisa gak ada? dari dulu juga di taruh di kulkas"
cowok:"Mana?Ngagak da gw dah cari tuh dikulkas tapi gak da apa-apa"

terus si cewek akhirnya harus ikutan ke dapur ikutan melihat ke dapur dan secara ajaib bin sulap, tangannya udah megang mentega. apa komentar selanjutnya dari si cowok?"ditaruh disitu sih terang ja gak kelihatan"

cowok kadang suka merasa cewek suka ngerjain mereka dengan menyembunyikan barang-barang dilaci atau dilemari. baik itu mentega, selai, kunci, hanphone, kunci mobil, kunci rumah, dompet yang semuanya itu sebenernya ada di situ. tapi entah kenapa mata cowok kayanya nggak bisa ngelihat.

Terakhir, dari segi fisiologisnya, menyangkut cerita tadi ternyata alasan sebenernya adalah karena cewek punya jangkauan sudut pandang yang lebih besar dari pada cowok. bila diukur dari hidung bisa mencapai 45 derajat ke arah kiri-kanan-atas-bawah, bahkan ada yang mencapai 180 derajat. jadi cewek bisa melihat kulkas atau lemari tanpa menggerakan kepalanya. sementara cowok klo ngelihat sesuatu lebih terfokus dan otaknya memproses seolah mereka melihat dalam terowongan yang panjang. alhasil, mereka bisa melihat jelas dan akurat apa yang ada tepat didepan mata dan jaraknya lebih jauh, hampir seperti ngelihat lewat teropong.


Kenapa cewek bisa ngomong terus
, apakah ini menjadi sifat dasar setiap wanita yah??

Dalam struktur otak cewek, kemampuan untuk berbicara terutama ada di bagian depan otak kiri Dan sebagian kecil di otak sebelah kanan. sementara buat cowok, kemampuan berbicara dan bahasa itu bukan kemampuan otak yang kritis. adanya pun cuma di otak kiri dan tidak ada area yang spesifik. jadi jangan heran jika cwe suka ngomong dan banyak pula yang diomongin, karena kedua belah otaknya mampu bekerja sekaligus. rata-rata cewek bisa ngomong 20000 kata sehari sementara cwo hanya sekitar 700 kata sehari. cwe klo ngomong biasanya menggunakan indirect spech alias memberikan isyarat tentang apa yang sebenarnya dia inginkan. sedangkan cwo menggunakan bahasa langsung atau direct spech dan mereka mengambil makna sebenarnya dari apa yang orang lain katakan.

otak cwo itu terkotak-kotak dan mampu memilah-milah informasi yang masuk. dimalam hari, setelah seharian penuh aktifitas cwo bisa menyimpan semuanya diotaknya. sementara otak cwe informasi yang terimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya dan ini tidak akan berhenti sampai dia dapat mencurahkan isi pikirannya.

Ada 4 tipe wanita loh, sesuai dengan sifat-sifat dari wanita itu sendiri menurut Carl Jung

1. Tipe Ibu
wanita dengan tipe ini menemukan identitas dan kepuasan dalam mengasuh anak. tipe ini punya unsur negatif yaitu over protective yang bisa mengahambat perkembangan psikologis anak dalam mencapai kematangan (Maturity). anak akan terbiasa untuk selalu melekatkan diri pada ibunya dan tergantung secara emosional. hal ini bisa berkembang pada terbentuknya kompleks ibu (Mother Complex), kondisi Patologis dimana ibu menhisap hidup anaknya(yang laki-laki). eksistensi diri ibu diasosiasikan dengan seberapa tergantung atau terikat kehidupan anaknya atas diri ibu. saat dewasa keterikatan dengan ibunya akan mempengaruhi pola interaksinya dengan lawan jenis. sianak akan memaksakan pasangannya agar sesuai dengan figur ibunya.

2. Tipe Hetaira
istilah yunani kuno yang ditunjukan kepada wanita yang mempunyai pendidikan khusus, sehingga secara psikologis, mereka dapat menjadi teman bagi pria. wanita tipe ini akan mendapatkan penuhan dan identitasnya jika dia dapat berhubungan dengan pria, tidak selalu terkain seksual. pria biasnya merasakan wanita yang demikian itu amat bernilai. karena pengetahuan yang dia miliki dan giat dalam interaksi sosial. negatifnya, wanita ini tidak pernah menjalin hubungan yang kekal dia dengan mudah dapat berpindah dari pria yang satu ke pria yang lain.

3.Tipe Amazon
wanita karir. dia akan melakuakan apapun yang mampu dilakukan oleh seorang pria. memiliki kontribusi penting terhadap dunia sekitarnya. Work-Acholic. perfect dan inginya terlibat langsung dari A-Z atas pekerjaan yang dia pegang. bisa. melajang terus karena kehilangan orientasi kodrat ke wanitaanya.

4.Tipe Medium/Perantara
wanita tipe ini adalah wanita yang memilki fungsi secara spritual. artinya perempuan-perempuan yang punya kemampuan supra natural, yang sering mendapat informasi langit baik dari jin (alam kegelapan) atau pewahyuan alam malaikat.

menurut Jung tipe-tipe tersebut sudah cukup mewakili karakteristik dasar dari wanita. biasanya setiap wanita punya karakteristik yang paling dominan dari tipe tersebut. wanita memang meilki perbedaan dengan pria. perbedaan tersebut berasal dari berbagai aspek baik dari ilmu faal hingga sosial budaya. sehingga itulah yang membuat perbedaan dari pola pikir hingga pola hidup pria dan wanita.

istilah klasik Nature VS Nurture juga bisa menjelaskan keberadaan dari wanita. dari segi Nature, wanita memiliki hormon yang berbeda dengan pria dan begitupun dari bagian otak. sedangkan Nuture, bisa dilihat dari lingkungan sekitar dimana wanita tumbuh atau berkembang yang akhirnya menciptakan suatu karakter atau kepribadian wanita tersebut. pada kasus ini nature of women bukan berarti bahwa kita mengabaikan adanya aspek Nurture. tetapi Nature Of Women dalam konteks yaitu aspek-aspek apa saja yang berasal dari wanita yang menjadikan wanita itu sendiri.




Bengkel Psikologi - B'Voice Radio

Selasa, 07 April 2009

Speaker : Theodora Elma Tambuwun

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"otak cwo itu terkotak-kotak dan mampu memilah-milah informasi yang masuk. dimalam hari, setelah seharian penuh aktifitas cwo bisa menyimpan semuanya diotaknya. sementara otak cwe informasi yang terimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya dan ini tidak akan berhenti sampai dia dapat mencurahkan isi pikirannya."

So once man has had s.x during the day, at night he can sleep like a log. On the next day, after the subsequent s.x, he can comment, "This one is more yummy than the previous one."

In the opposite side of bed, once a woman has had s.x, she will get obsessed with THAT s.x. She can't find others and is always thirsty for the same bottle of wine. She yawns, "Yesss, re-fruitize me, baby.....oh!"

Great topic! Makes me feel like 17 again! Hahahaha ..........