..About Bengkel..

Foto saya
Bengkel Psikologi merupakan suatu nama kegiatan dari program kerja HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa Psikologi) yang bekerja sama dengan media informasi kampus yaitu B-VOICE radio. Dalam pelaksanaan Bengkel Psikologi ini kami akan membahas berbagai fenomena dalam kehidupan masyarakat dikemas dalam sudut pandang Psikologi. Tidak lepas dari semua itu, kami berharap dapat mengenalkan Psikologi sebagai jurusan baru di Binus University dan berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menambah wawasan para mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Dengan demikian, kami mengharapkan kritik dan saran untuk kemajuan Bengkel Psikologi ini. Terima kasih. Warm regards, Montir Bengkel.

Sabtu, November 07, 2009

COMMERCIAL EFFECT

guys taw gak efek dari sebuah iklan di tv2? sekarang kan banyak sekali iklan" yang bereder. Iklan" tersebut juga bukan sekedar iklan biasa lohh. iklan yang di buat sekitar 1 menit itu, harus bisa membuat para penonton tertarik dengan product yang mereka buat. kok bisaa siihhh, dalam waktu sesingkat itu membuat kita tertariikk???

[contohnyaa iklan tolak angin]

tauu kan iklan Tolak angin yang di perankan oleh Agnes Monica dan Butet Kertaredjasa?? iklan ini cuma memakan waktu 1menit 5 detik loohh.. banyak sekali pesan yang di sampaikan dalam waktu sesingkat itu. iklan tersebut juga memperlihatkan Begitu kayanya budaya Bangsa Indonesia. Nah kita Sebagai orang Indonesia seharusnya kita bisa menjaga budaya budaya tanah air kita ini. selain itu apa Agnes Monica dan Butet Kerjaredjasa cuma buat pajangan aja??
ternyata ada yang namanya Role Model?? apaan tuh???

Role model itu sendiri adalah seseorang yang perilakunya di tiru oleh orang lain dan di jadikan panutan.. dalam iklan itu Agnes Monica dan Butet Kertaredjasa lah yang di jadikan Role Model. agar orang yang menjadikan mereka sebagai role model, dapat langsung mengikuti mereka atau di jadikan panutan ketika mereka di lihat oleh orang lain.

kenapa Agnes Monica dan Butet Kertaredjasa??? Agnes Monica dan Butet Kertaredjasa adalah orang orang dari generasi yang berbeda. Kita sebagai anak muda Lebih memelih Agnes Monica sebagai panutan kita. karena Agnes Monica adalah Wanita yang modern yang patut ditiru dari segi manapun. Butet Kertaredjasa sendiri lebih di kenal oleh ayah dan ibu kita. dan mungkin anak muda seperti kita tidak begitu mengetahui Butet kerteredjasa. jadinya mereka di gunakan sebagai role model supaya kita dari kalangan muda hingga tua bersatu untuk lebih lagi menghargai budaya Indonesia yang begitu luas. Agnes monica sendiri biasanya bergaya kebarat-baratan, dari cara penampilan. dan juga terlihat begitu modis. dalam iklan tersebut Agnes monica di perlihatkan dengan pakaian Kebaya. disana dia begitu terlihat cantik dan Feminin, juga tidak luput dari kata Modern yang biasa ia perlihatkan. Modern yang sangat Indonesia sekali. berbeda dengan Butet Kertaredjasa, biasanya di ingat sebagai budayawan Indonesia. jadi bukan hanya product yang diperlihatkan tetapi budaya Indonesia juga di tonjolkan dalam iklan tersebut.

Efek apa yang di timbulkan yaa??


Iklan ini adalah efek emosional dari iklan periwisata malaysia.. Setelah munculnya iklan pariwisata malaysia yang menampilkan begitu banyak budaya milik Indonesia. mereka menyerang balik dengan memunculkan iklan ini.. dan juga kata" terakhir dari iklan ini yang menyatakan bahwa " orang pintar tahu yang benar" membuat iklan ini menjadi lebih bermakna lagi.. membuka mata kita juga, sehingga mengetahui yang mana budaya kita sendiri, dan harus kita jaga. Kata Duane dan Sydney Ellen Schultz pada buku yang mereka buat dengan judul Psychology and Work Today, ada 5 cara untuk menguji realsi terhada iklan :

-Aided Recall
-Recognition Technique
-Physiological measures
-Sales Tests
-Coupon Returns



Bengkel Psikologi - B'voice Radio

Selasa, 13 Oktober 2009

Speaker : Davy

Tidak ada komentar: