..About Bengkel..

Foto saya
Bengkel Psikologi merupakan suatu nama kegiatan dari program kerja HIMPSIKO (Himpunan Mahasiswa Psikologi) yang bekerja sama dengan media informasi kampus yaitu B-VOICE radio. Dalam pelaksanaan Bengkel Psikologi ini kami akan membahas berbagai fenomena dalam kehidupan masyarakat dikemas dalam sudut pandang Psikologi. Tidak lepas dari semua itu, kami berharap dapat mengenalkan Psikologi sebagai jurusan baru di Binus University dan berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menambah wawasan para mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Dengan demikian, kami mengharapkan kritik dan saran untuk kemajuan Bengkel Psikologi ini. Terima kasih. Warm regards, Montir Bengkel.

Rabu, November 11, 2009

TRAUMA GEMPA


GEMPA DI INDONESIA

wahh... sekarang Indonesia jadi mirip Jepang nih.. biasanya negara jepang yang akrab dengan gempa, tapi belakangan ini Indonesia dilanda gempa bertubi2 dengan skala yang cukup besar. nah.. apa yang terjadi pasca gempa itu terjadi??? yang pasti bangunan rusak, korban jiwa, dan luka-luka. Tapi ada luka yang tidak tampak yang akan 'mondok' di dalam diri korban.

Nah... Trauma yang timbul seperti ini yang harus ditangani dengan serius, agar tidak menjadi luka seumur hidup.

PTSD

Jadi.. PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) adalah rasa cemas yang ekstrim yang menetap lama setelah traumatic stress

ciri-ciri orang terkena PTSD :
  • Dia membayangkan kejadian tersebut muncul dalam keadaan sadar maupun mimpi. kadang juga orang tersbut merasa seakan kejadian tersebut terulang lagi
  • Dia langsung merasa emosi dan bergerak secara tidak sadar saat mengingat hal tersebut.
  • Selain itu dia selalu menghindari rangsangan yang terkait dengan peristiwa tersebut.
  • Oang-orang yang terkena PTSD tidak merasakan emosi biasa dan kesenangan dalam hidup
  • Dan biasanya dia akan mengalami susah tidur dan merasa susah konsentrasi

Faktor-faktornya:
  • Tingkatan stress
  • Kepribadian orang sebelum terkena stress
  • Suport sosial
  • Jenis kelamin korban

Gimana Sih.... Nyembuhinnya????

Untuk anak anak-anak cara menghilangkannya adalag dengan mengajak mereka bercerita, mendongeng, bermmain bersama, melakukan hal yang bersifat menyenagkan, memujinya, dan jangan lupa memberikan penghargaan ketika ia dapat melakukan sesuatu yang baik. dengan melakukan hal yang menyenangkan mereka akan melupakan peristiwa yang telah terjadi.

Kalo untuk orang dewasa,,, bisa dilakukan dengan bantuan orang lain,, tapi yang terpenting adalah dukungan dari keluar. Bantuan itu bisaa dalam bentuk materi dan dorongan psikologis sebagai motivasi hidupnya. Tapi bantuan materi saja tidak cukup,, perlu juga perbaikan fasilitas umum dan bangunan dari pemerintah, untuk kelangsungan hidup para korban gempa.

Hal hal yang bersifat membangun dan menyenangkan itu kondisi psikologis seseorang bisa menjadi normal dan mereka dapat beraktifitas seperti biasa lagi.




Bengkel Psikologi - B'voice Radio

Selasa, 20 Oktober 2009

Speaker : Stevanus


Tidak ada komentar: